Menjelang Imlek

Judul ini terdapat di salah satu halaman harian nasional yang terkenal dengan “Amanat Hati Nurani Rakyat” Jumat, 16 Januari 2008.

Menjelang Imlek, di sini Imlek terdiri dari paduan 2 buah kata, im dan lek (dialek hokkian) atau mandarinnya: yin lik.
Dimana im/yin berarti negatif, digunakan juga sebagai pengganti kata bulan, dan lek/lik berarti kalender/penanggalan.
Jadi im-lek/yin-lik berarti penanggalan bulan atau kalender bulan.

Saya sendiri lebih senang menyebut tahun baru Imlek sebagai tahun baru Cina (Chinese New Year).
Di mana  tahun baru ini adalah milik semua keturunan Cina gak peduli warga negara apa dan beragama apa.
Dan tahun baru ini “wajib” dirayakan oleh seluruh keturunan Cina di semua belahan dunia.

Ironisnya, saat ini ada beberapa pemuka agama X malah melarang dan “mengharamkan” perayaan tahun baru Cina ini oleh para keturunan Cina yang kebetulan menganut agama X.

Ada kasus yang lebih menggelikan lagi, pada suatu kesempatan saya diinvite ke sebuah conference di Y!M, ada pernyataan dari seseorang yang tinggal di pulau Kalimantan: “Hari gini masih ngomongin Imlek? Imlek itu khan hanya untuk anak kecil!”.

Nah, loh?!? Saya tanya kembali Anda ini Cina apa bukan? Kalo iya, maka tahun baru Imlek ini adalah milik Anda juga .
Tolong baca baik-baik ya, bedakan antara orang Cina/keturunan Cina dengan warga negara Cina baik itu Cina Nasionalis (=Taiwan/ROC) maupun Cina Komunis (=RRC/PRC).

Apa yang telah didoktrinkan para pemuka agama X sudah keterlaluan. Agama yang baik adalah agama yang mengajarkan umatnya untuk menghormati budaya leluhurnya, mengambil apa yang  baik dan pantas untuk dilestarikan.

Nah… terus apa maksud tulisan ini? Gak bermaksud apa-apa, cuma lagi pengen nulis aja. Aslinya cuma corat coret di selembar kertas A4 yang kemudian dipindahkan ke blog.

Terus…!? Ya teruskanlah sendiri… udah blank ga tau mau nulis apalagi. Namanya juga orang stress lagi nulis, hasilnya ya gini, semoga gak bikin stress yang baca.
Gak usah ditanggapi dan gak usah diambil hati, gak usah tersinggung apalagi sampai tersungging, saya tidak bertanggung jawab kalau Anda masih nekad! Itu masalah Anda bukan masalah saya!

Sampai jumpa di lain kesempatan dan selamat menyambut tahun baru Cina. (M5W)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *