Dinding Api

Kata dinding api ini plesetan dari Firewall. Firewall bisa dibilang adalah benteng di dunia maya, bisa berbentuk software maupun hardware. Sejauh ini firewall ini bisa membuat perasaan (hanya perasaan) penggunanya menjadi aman, tapi belum tentu nyaman.

Sejauh ini dengan setting default ataupun dengan setting yang salah (setting yang terlalu ketat) keberadaan firewall justru membuat sang pengguna terpenjara di dalam komputernya sendiri. Untuk apa aman tapi tidak nyaman? Mendingan biasa-biasa aja tapi nyaman 🙂

So… solusi paling benarnya jika Anda pengguna Windows XP cukup gunakan firewall bawaan Windows XP saja, gak usah paranoid seolah-olah orang-orang pada berebut untuk menembus komputermu. Buat pengguna Windows Vista yang nista, jauhkan kenistaan dari hidup Anda dengan downgrade secepatnya ke Windows XP sambil menunggu kehadiran Windows 7 yang full release di akhir tahun 2009 ini atau awal 2010.

Sebenarnya tulisan ini cuma curhat aja, dimana kemaren dan pagi ini dibikin mumet sama makhluk bernama firewall ini. Alkisah ada laptop yang dulunya bisa logon dengan lancar ke domain Windows Server 2003 mendadak menjadi mogok, tersangka utama perangkat jaringan, tapi walaupun server, router, dan switch sudah direstart tetap saja sama. Tersangka berpindah ke laptop, coba update driver LAN, gak berhasil, update SP2 ke SP3, tetap saja sama. Sampai feeling saya mengatakan ada sesuatu nich dengan firewallnya.

Hasil cek dan ricek ternyata konfigurasi firewall Avira Premium Suite terkutuk itu ntah gimana caranya reset sendiri ke settingan yang restrict banget dan menurut pemilik laptop, beliau tidak mengotak-ngatik settingan firewall itu. Nah loh… setelah “dilonggarin” sedikit, laptopnya sudah bisa login tanpa masalah ke domain Windows Server.

Setan benar, gara-gara satu settingan bikin saya mumet dari kemaren sampe tadi siang baru beres. Kenapa dari kemaren gak kepikiran kalo ini ulahnya firewall??? Arrrgggghhhh… ~X(

Leave a Reply

Your email address will not be published.